PELUANG TERDEKAT DAN TERMUDAH

Keputusan Anda untuk resign dari pekerjaan, membuat Anda harus berfikir bagaimana caranya agar anda memperoleh penghasilan yang cukup bahkan diharapkan lebih baik dari pekerjaan yang akan anda tinggalkan.

Untuk memulai sebuah usaha, Anda jangan langsung berfikir sesuatu hal yang muluk-muluk atau hal yang sangat besar yang ingin Anda capai, namun jauh dari jangkauan Anda saat ini. Berfikirlah untuk memulai dari hal terdekat dan hal termudah yang bisa Anda akan lakukan saat ini. Hal ini penting agar memudahkan anda dalam memilih pilihan usaha yang akan dibuka. Jika pilihannya terlalu rumit dan sulit, maka anda akan lambat berkembang dan mental anda akan melemah.

Saya mencontohkan, dahulu sebelum saya memutuskan untuk berhenti menjadi pegawai pada sebuah Bank, saya mencoba untuk memulai menjadi wirausaha dengan mencoba menjual es buah. Saya berfikir bahwa membuat es buah tersebut sangat mudah, cukup potong buah berbentuk dadu, kemudian dicampur es batu kemudian di aduk dengan susu, mudah kan?

Saya menyadari bahwa usaha ini bukanlah usaha permanen yang akan saya kerjakan selamanya, namun saya hanya ingin mencoba gairah menjadi seorang wirausaha terlebih dahulu, merasakan ritmenya. Terkadang kita mencari peluang yang nun jauh disana, kita melihat orang orang yang telah berhasil membuka usaha ini dan itu, kemudian kita ingin pula membuka usaha yang serupa, padahal kompetensi kita belum cukup untuk membuka usaha yang skalanya seperti yang kita lihat. Perlu anda ketahui, bahwa semua usaha itu perlu proses, saat ini anda fokus untuk mulai saja dahulu, ambil peluang terdekat, mulai dari passion anda, mulai dari hal mudah anda jangkau saat ini.

Sekarang anda mulai lirik kanan dan kiri, perhatikan disekeliling anda, perhatikan lingkungan anda, apa peluang yang bisa diambil untuk memulai usaha yang baru. Jika anda memulai dari hobby anda, maka itu lebih mudah, tentunya anda memiliki data siapa teman terdekat anda yang memiliki hobby yang sama. Sekarang anda sudah mulai memikirkan apa yang bisa anda jual di komunitas hobby tersebut. Peluang bisa muncul dan peluang bisa diciptakan, yang penting adanya keinginan anda untuk memulai.

Yuk Hijrah ! Resign and Survive. Hal : 74-76