KEBEBASAN FINANCIAL

Siapa sih yang tidak menginginkan punya penghasilan besar, bahkan katanya ada yang punya penghasilan tanpa batas. Jika anda seorang karyawan, akan ada limit penghasilan yang diberikan oleh perusahaan kepada Anda. Terutama bagi anda yang bekerja di belakang meja atau seorang pegawai back office. Perusahaan tentunya telah mempersiapkan jenjang karir yang sesuai bagi anda berikut juga dengan jenjang salary yang sudah di atur sedemikian rupa. Jika anda ingin penghasilan meningkat, maka anda dituntut untuk meningkatkan kinerja di perusahaan tersebut.

Terkecuali bagi anda yang saat ini merupakan seorang pegawai bagian marketing, biasanya didalam sebuah perusahaan, penghasilan seorang marketing berdasarkan seberapa besar nilai penjualan yang berhasil ia hasilkan pada periode tertentu. Namun kebanyakan orang merasa tidak nyaman dengan posisi sebagai seorang marketing, karena ia beranggapan adanya ketidak pastian jumlah penghasilan yang akan diterimanya, terlebih bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, mereka lebih menyukai berada diposisi yang tetap dan penghasilannya dapat diukur.

Padahal pekerjaan seorang marketing, persis seperti menjadi seorang wirausaha, seorang marketing dapat menentukan sendiri seberapa besar penghasilan yang ia inginkan. Namun seorang wirausaha, resiko dan kewenangan nya tentu lebih besar jika dibandingkan dengan seorang pegawai marketing, karena didunia wirausaha, seorang pengusaha mengelola lebih banyak komponen dalam bisnisnya, diantaranya marketing, produksi, keuangan, pengelolaan SDM dan berbagai komponen lainnya.

Apabila anda menjadi seorang wirausaha, penghasilan yang akan anda dapatkan tentunya sesuai dengan kinerja usaha yang anda jalankan, namun yang menjadi kelebihan ketika anda menjadi seorang yang wirausaha, anda dapat menentukan sendiri masa depan, anda memiliki keleluasan waktu, kebebasan berkreasi dan berinovasi dan kemudian bisa meraih kebebasan financial.

Anda dapat mengatur dan mengelola sendiri keuangan anda tanpa batasan dari orang lain, yang menjadi batasan tentunya adalah kinerja anda. Anda bahkan sudah bisa menggaji orang lain, memberikan mereka target, dan menentukan kemana anda memanfaatkan uang. Jika anda berhasil dalam dunia wirausaha, anda bisa memperoleh kebebasan financial sesuai keinginan anda, anda bisa mendapatkan penghasilan fantastis yang anda impikan. Tentunya hal tersebut tidak datang dengan tiba tiba, perlu kerja keras, proses, kesungguhan dan komitmen anda untuk membesarkan usaha.

Masalahnya tidak semua orang siap ketika menjadi seorang wirausaha, meskipun menjadi wirausaha sukses sangat diidam-idamkan. Dibutuhkan mental yang matang untuk masuk pada quadran wirausaha ini, sering kali seorang wirausaha harus jatuh bangun sebelum menemukan kesuksesan. Seorang wirausaha juga harus siap gonta ganti jenis usaha, karena perubahan-perubahan terjadi dilingkungan bisnis yang dirintisnya. Hal inilah yang sering menjadi sumber ketakutan bagi seseorang yang akan memasuki dunia wira usaha, padahal perubahan yang terjadi tersebut adalah hal yang wajar bagi seorang wirausaha, dengan perubahan yang terjadi tersebut akan menjadikan seorang wira usaha menjadi semakin matang dan tangguh.

Apakah menjadi seseorang yang bebas secara finansial adalah impian anda, maka anda harus mempersiapkan diri menuju arah tersebut, karena semua ada prosesnya, tidak akan terjadi dengan begitu saja.

Yuk Hijrah ! Resign and Survive. Hal : 12-14